Thursday, March 11, 2010

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 1 Lawang

KATA PENGANTAR
ABSTRAK


Florentina, Mega. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S (II) Dr. Endang Suarsini, M.S

Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri, pendekatan kontekstual (Contextual Teaching Learning), motivasi belajar, dan  hasil belajar.

Pembelajaran Biologi di kelas X.4 SMA Negeri 1 Lawang menemui beberapa permasalahan antara lain  model pembelajaran yang digunakan oleh guru, konvensional dengan sedikit praktikum. Hal ini disebabkan guru jarang memberikan semangat dan motivasi kepada siswa. Antara lain, guru kurang dalam memberikan penguatan dan memarahi siswa yang kurang aktif sehingga suasana kelas tidak menyenangkan dan siswa takut untuk mengemukakan pendapat. Kondisi tersebut menyebabkan ≤ 60% siswa yang tuntas belajar. Sehubungan dengan itu guru harus mampu menerapkan model pembelajaran inkuiri melalui pendekatan kontekstual (contextual teaching learning) yang menarik bagi siswa sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian tentang ”Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning) untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 1 Lawang”.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis penelitian menggunakan analisis kualitatif-kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Lawang berjumlah 39 siswa dengan pokok bahasan Limbah dan daur ulang limbah.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran inkuiri melalui pendekatan kontekstual (contextual teaching learning) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Lawang. Aspek motivasi meliputi perhatian, keterkaitan, keyakinan/ kepercayaan diri, dan kepuasan mengalami peningkatan antara 1,55% hingga 4,98%. Peningkatan tertinggi dari aspek keyakinan/ kepercayaan diri siswa sebesar 3,73%; 2) Penerapan model pembelajaran inkuiri melalui pendekatan kontekstual (contextual teaching learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Lawang yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Peningkatan pada ranah kognitif sebesar 23% dari 69,3% menjadi 92,3%. Peningkatan pada ranah afektif antara 1,6% hingga 2,72%. Peningkatan yang paling tinggi pada aspek kognisi atau keyakinan siswa sebesar 2,72%.  Ranah psikomotor mengalami peningkatan antara 2,57% hingga 33,33%. Peningkatan tertinggi diperoleh dari aspek kerelevanan dalam keterampilan menanggapi pertanyaan sebesar 33,33%. Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 22,38%. Pada ranah psikomotor yang diukur melalui kegiatan presentasi dan diskusi menunjukkan keterampilan pada hierarkhis yang paling tinggi yaitu tingkat naturalisasi.